Rektor dan sivitas akademika UIN STS Jambi memperingati Hari Lahir Pancasila
Rektor beserta civitas akademika mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan
Pemasangan Kalung Guru Besar Prof. Dr. H. Su'aidi, MA., Ph.D.
Gedung Laboratorium Terpadu UIN STS Jambi
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Laboratorium Terpadu
Rektor Terima SK UIN STS

altAcara pembukaan praktikum mahasiswa semester VI Fakultas Syari’ah dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Juni 2011, di ruang Aula Rektorat IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Dalam sambutannya Ketua Panitia Sayuti Una, M.H, mengatakan bahwa praktikum ini merupakan agenda wajib bagi mahasiswa Fakultas Syari’ah. Peserta yang mengikuti praktikum sebanyak 217 peserta, terdiri semua jurusam kecuali, jurusan Ekonomi Islam. Praktikum ini merupakan praktek penyusunan Peraturan dan per-Undang-Undangan, sebab antara hukum dan Undang-Undang saling terkait dan saling melengkapi,sehingga diharapkan dengan dilaksanakan praktikum akan memunculkan drafter-drafter baru untuk pembangunan masyarakat dan daerah Jambi pada umumnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Syari’ah Prof. Dr. Hasbi Umar, MA mengatakan, kegiatan praktikum merupakan kegiatan wajib bagi akademis, sehingga harus diikuti oleh semua mahasiswa, jika mahasiswa tidak mengikuti salah satu kegiatan praktikum akan berimplikasi pada kegiatan akademis lainnya, karena dalam setiap praktikum akan mendapatkan sertifikat bagi yang lulus. Mahasiswa semester VI melakukan praktikum untuk mendukung program studi masing-masing jurusan/program, seperti untuk penulisan skripsi dan ujian skripsi. Lebih lanjut beliau mengatkan, kegiatan praktikum ini merupakan wadah untuk mengukuhkan keilmuan, menguatkan keimanan, dan menyakinkan diri pada jurusan yang telah mahasiswa pilih, Mahasiswa dituntut harus tahu dan mau, serta harus sampai pada tingkat menguasai ilmu sesuai dengan komitmen, sehingga akan terbentuk mahasiswa yang pakar dan profesional sesuai dengan bidang ilmu yang digeluti, ilmu yang praktis akan memberikan kontribusi lebih besar kepada masyarakat.

Dalam Sambutannya Pgs Rektor IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang diwakili oleh Kepala Biro AUAK, Drs. H. M. Yono Surya, M.Pd.I. sekaligus membuka kegiatan praktikum mengatakan, praktikum lebih pada menyesuaikan teori dan kenyataan di lapangan, misalnya program Ilmu Pemerintahan, politik dan hukum sangat terkait dan berhubungan, ketika mahasiswa sudah lulus dan terjun kemasyarakat tahu bagaimana harus membuat peraturan dimasyarakat yang baik dan adil, tidak diskriminatif, beliau juga menekankan bahwa alumni IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi tidak hanya mampu membuat Peraturan dan PerUndang-Undangan saja, tetapi juga harus mampu dalam bidang agama.

Additional information