Rektor dan sivitas akademika UIN STS Jambi memperingati Hari Lahir Pancasila
Rektor beserta civitas akademika mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan
Pemasangan Kalung Guru Besar Prof. Dr. H. Su'aidi, MA., Ph.D.
Gedung Laboratorium Terpadu UIN STS Jambi
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Laboratorium Terpadu
Rektor Terima SK UIN STS

Fakultas Ushuluddin IAIN STS Jambi mendapatkan kunjungan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dalam rangka Visitasi Akreditasi Program Studi S1 Tafsir Hadist (TH) dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 21 - 23 Oktober 2012.

BAN PT dalam visitasi tersebut menugaskan 4 assesor, dua orang untuk melakukan verifikasi borang-borang akreditasi dan survei data lapangan pada Prodi TH, yaitu Dr. A. Hasan Asy’ari Ulama’i (IAIN Semarang) dan Dr. M. Isa H.A Salam, M.Ag. (UIN Jakarta). Dan dua orang lagi untuk melakukan kegiatan yang sama pada Prodi KPI, yaitu Prof. Dr. H. Yunan Yusuf (Guru Besar UIN Jakarta) dan Dr. Hamidah (Dosen IAIN Palembang).

Pada pembukaan visitasi Program Studi S1 Tafsir Hadist (TH) tanggal 22 Oktober 2012, dihadiri oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Dr. H. Suaidi, MA, Ph.D., Pembantu Rektor II, Dr.S. Sagap, M.Ag., Pembantu Rektor III Prof. Dr. Ahmad Husein Ritonga, MA, Pembantu Rektor IV Dr. H. Muhammad Yusuf, M.Ed., Pembantu Dekan I Drs. Muhammad Yusuf, Pembantu Dekan II Drs. Zikwan, Pembantu Dekan III Drs. Munsarida, Kepala PPMP Dr. Iskandar, staf ahli Puskom Misbahul Haq, M.Pd.I, Ketua Prodi Tafsir Hadist, Dosen Tafsir Hadist, serta Mahasiswa IAIN STS Jambi. Kemudian pada hari kedua visitasi Program Studi S1 Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) tanggal 23 Oktober 2012 dihadiri langsung oleh Rektor Dr. H. Hadri Hasan, MA.

Dalam sambutannya, beliau mengatakan kita memang komit terhadap penyelesaian beban perguruan tinggi, salah satunya adalah semua prodi-prodi yang ada di IAIN STS Jambi harus terakreditasi, sehingga Perguruan tinggi ini terukur dan mempunyai kualitas yang tinggi. Semua kebutuhan-kebutuhan yang menyangkut dalam sarana dan prasarana pendidikan ini tetap menjadi prioritas utama bagi lembaga ini, sehingga tuntutan pengisian borang BAN PT ini sesuai dengan kenyataan yang ada. “Harapan kita kepada tim assesor ini agar dapat membantu kemulusan jalannya akreditasi prodi di IAIN, khususnya sekarang Prodi yang ada di fakultas Ushuluddin, minimal A.” canda beliau.

Dalam sambutan Prof. Dr. Muh. Yunan Yusuf, beliau kagum dengan IAIN Jambi bahwa IAIN Jambi mempunyai lahan yang sangat luas, lebih kurang 90 Hektar yang berada di dua kampus ini (Kampus Telanaipura dan Sei.Duren). Harapan beliau semoga IAIN Jambi ini menjadi kebanggaan masyarakat jambi khusunya. Oleh sebab itu, apa yang menjadi tugas bagi kami sebagai asesor ini dalam memeriksa berkas borang ini tidak ada dusta diantara kita. Artinya, antara yang ditulis dalam borang ini betul-betul nyata adanya.

Seperti diinformasikan oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Dr. H. Suaidi, MA, Ph.D.bahwa persiapan menghadapi visitasi ini dilakukan dengan mengisi borang-borang akreditasi, mengumpulkan data fisik yang berkaitan dengan akademik, pengajaran, kurikulum, fasilitas, dosen, mahasiswa dan lain sebagainya, dan mengirimkan borang-borang tersebut ke BAN PT di Jakarta betul-betul nyata adanya.

“Saat ini setiap perencanaan harus berbasis akreditasi, maka saya selaku Dekan Fakultas Ushuluddin sangat serius untuk memperbaiki kualitas ini, dan memenuhi segala tuntutan, hanya keterbatasan waktu yang membuat ini belum sempurna. Saya meyakini bahwa standar layanan harus terpenuhi sehingga hak dan kewajiban seimbang, sehingga aouput dan outcome-nya itu layak menjadi agen perubahan sosial masyarakat. Sampai hari ini, saya tidak mempunyai keraguan untuk memperbaiki ini, andai kata ada kelemahan dan kekurangan.” jelas Dekan Fakultas Ushuluddin.

Senada Pembantu Rektor II Dr. S. Sagap, M.Ag, mengatakan dengan kedatangan kedua visitor ini semoga IAIN STS Jambi mendapat pencerahan dalam rangka visitasi dan akreditasi. IAIN STS Jambi memang berkomitmen sejak diawal kepemimpinan ini, segala kebijakan harus berbasis akreditasi. Dengan visitasi akreditasi Prodi TH dan KPI yang kita selenggarakan di Fakultas Ushuluddin mulai tanggal 21 sampai 23 Oktober 2012 ini akan diberikan inspirasi-inspirasi untuk melakukan perbaikan-perbaikan.

Dalam visitasinya, assesor berdialog dengan civitas akademika IAIN STS Jambi, baik institusi IAIN maupun Program Studi. Tujuan visitasi ini adalah untuk memverifikasi kebenaran informasi yang ditulis di dokumen akreditasi dengan kondisi real di lapangan. “Kami datang atas titah Kemendiknas dalam hal ini Sub bagian Akreditasi, jadi kedatangan kesini bukan untuk menilai tetapi hanya untuk menindaklanjuti hasil laporan borang yang bapak kirimkan ke BAN-PT, dengan harapan visitasi ini berjalan lancar.” ungkap Dr. A. Hasan Asy’ari Ulama’i di hadapan pimpinan fakultas, dosen, mahasiswa, dan karyawan pada hari pertama visitasi di ruang sidang fakultas Ushuluddin.(buya-azz)

Additional information