Rektor dan sivitas akademika UIN STS Jambi memperingati Hari Lahir Pancasila
Rektor beserta civitas akademika mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan
Pemasangan Kalung Guru Besar Prof. Dr. H. Su'aidi, MA., Ph.D.
Gedung Laboratorium Terpadu UIN STS Jambi
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Laboratorium Terpadu
Rektor Terima SK UIN STS

Alamat : JL. Jambi - Ma Bulian Km 16 Simpang Sungai Duren Muaro Jambi

Telepon : 58024

Fax : -

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Website : www.ushuluddin.iainjambi.ac.id

 

Dekan : Dr.H.Suaidi,M.A,Ph.D

Pembantu Dekan Bidang Akademik (PD I) : Drs.Yusuf HM,M.Ag

Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum (PD II) : Drs.H. Zikwan, M.Ag

Pembantu Dekan Bidang kemahasiswaan (PD III) : Drs.Munsarida,M.FilI


Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

Fakultas Ushuluddin IAIN STS Jambi merupakan fakultas induk pertama selain Fakultas Syari’ah yang menjadi pondasi awal berdirinya IAIN STS Jambi, kemudian disusul oleh Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Adab. Dalam perjalanan historisnya, Fakultas Ushuluddin menempuh berbagai halang rintang dan hambatan yang memaksa Fakultas ini harus berada dalam banyak kondisi, mulai dari masa kejayaannya  pada tahun 80-an dan tahun 90-an, sampai pada masa mulai kritis dalam sepuluh tahun terakhir.
Dalam masa kritis dan krisis dari berbagai aspek yang dihadapi oleh hampir seluruh komponen kehidupan umat manusia tidak terkecuali Fakultas Ushuluddin. Sekarang Fakultas Ushuluddin kembali dihadapkan dengan persoalan yang menyangkut pergeseran paradigma ( Shifting Paradigm ) dalam internal lembaga pendidikan yang menaunginya sendiri, dari paradigma Institut menuju paradigma Universitas, dari paradigma centralistik (DIPA) menuju paradigma BLU atau BHP (Badan Hukum Perguruan Tinggi). Menyambut tantangan ini, Fakultas Ushuluddin kembali berbenah diri dengan berbagai pembenahan di berbagai aspek. Mulai dari penataan administrasi umum dan akademik, penataan jurusan/prodi dan akreditasinya, rencana perubahan status/nama Fakultas sampai kepada penataan dan pembenahan SDM Dosen dan Khususnya mahasiswa yang akan menjadi alumni Fakultas Ushuluddin mendatang.
Realitas global menunjukkan bahwa Fakultas Ushuluddin di seluruh Indonesia memang sedang dihadapkan kembali dengan masalah internal yang menyangkut dengan eksistensi dan prospectus lembaga dan output lulusannya, mensikapi tuntutan dan tantangan tersebut Fakultas Ushuluddin IAIN STS Jambi dengan segala kesiapan dan antisipasinya ingin meyakinkan saudara-saudari bahwa Fakultas Ushuluddin adalah pilihan tepat untuk membina dan membangun masa depan bagi lulusan ma’had maupun SLTA sederajat (terutama) bidang ilmu-ilmu agama. Karena bagaimanapun krisis yang kita hadapi, tidak akan dapat kita selesaikan dengan baik jika tidak memperkuat pondasi agamanya.
Salah satu langkah konkrit yang sudah dilakukan oleh Fakultas Ushulddin IAIN STS Jambi dalam menghadapi tantangan global dan memenuhi tuntutan dunia akademik dan masyarakat secara umum, adalah melakukan evaluasi dan pembaharuan terhadap kurikulum dan silabi untuk setiap Jurusan dan Prodi yang ada untuk mahasiswa angkatan tahun 2007 dan 2008 secara khusus yang belum termuat pada buku pedoman IAIN STS Jambi tahun 2007 dan 2008. Selanjutnya mengesahkan dan memberlakukan kurikulum tersebut untuk dijadikan pedoman bagi mahasiswa Fakultas Ushuluddin IAIN STS Jambi angkatan 2007, 2008 dan seterusnya sampai dilakukan kembali evaluasi terhadap kurikulum tersebut. Selain itu, Fakultas Ushuluddin IAIN STS Jambi juga melakukan pembaharuan izin dan akreditasi bagi jurusan dan prodi yang ada. Insya Allah, akhir tahun 2009 semua izin dan akreditasi sudah siap.
Selamat datang di Fakultas Ushuluddin dan selamat mengikuti kuliah, Insya Allah cita-cita anda tercapai.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb,

Dr.H.Suaidi,MA,Ph.D

Additional information