Rektor dan sivitas akademika UIN STS Jambi memperingati Hari Lahir Pancasila
Rektor beserta civitas akademika mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan
Pemasangan Kalung Guru Besar Prof. Dr. H. Su'aidi, MA., Ph.D.
Gedung Laboratorium Terpadu UIN STS Jambi
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Laboratorium Terpadu
Rektor Terima SK UIN STS

Dalam rangka meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam segi keagamaan, Akademik dan Kemahasiswaan Rektorat IAIN STS Jambi adakan lomba marhaban pada hari Rabu (3/10) di Masjid Ash Shabah IAIN Mendalo.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan mengadakan peningkatan kegiatan dan keterampilan mahasiswa dalam pengembangan diri mereka. Melalui program perlombaan-perlombaan, diantaranya adalah perlombaan membaca al barzanji marhaban.

Perlombaan ini selain untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa tetapi juga untuk melatih mahasiswa dalam mengembangkan diri agar mahasiswa siap ditengah masyarakat. Karena  marhaban sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, lebih lagi dalam acara keagamaan seperti syukuran, pernikahan dan lain sebagainya.

Kegiatan tahunan ini juga bertujuan melestarikan seni budaya bernafaskan Islam sebagai bagian dari pengembangan syiar Islam, kemudian untuk menjalin hubungan silaturahmi antara mahasiswa, dosen dan karyawan dilingkungan IAIN STS Jambi.

Perlombaan yang berlangsung sehari ini diikuti sebanyak 8 group dan dibagi menjadi kategori barzanji marhaban putra dan kategori barzanji marhaban putri, setiap group terdiri dari 3 orang, 4 orang dan ada juga yang 5 orang. Peserta yang mendaftar dari Fakultas Tarbiyah sebanyak 2 group, Fakultas Syari’ah 3 group, Fakultas Ushuluddin 1 group dan dari Fakultas Adab sebanyak 2 group. Tiap group minimal 3 orang, banyaknya peserta diperbolehkan lebih dari 3 orang, bila kurang dari 3 dianggap gugur. “Setiap groupnya tidak boleh kurang dari 3 orang, kalau lebih boleh, maksimalnya 5 orang, apabila hanya ada 1 atau 2 orang saja maka group tersebut dianggap gugur,” jelas dewan juri sebelum perlombaan dimulai.

Dewan Juri pada lomba membaca al barzanji marhaban kali ini cukup berkompeten dibidangnya, yaitu Pembantu Rektor IV Dr. H. Muhammad Yusuf, M.Ed., Dosen Fakultas Ushuluddin A. Haris, M.Fil.I., serta Dosen Fakultas Tarbiyah Dra. Magdalena. Sedangkan bidang penilaian pada lomba tingkat IAIN STS Jambi ini diantaranya adab, fashohah dan lagu.

Setelah seharian lomba ini dilaksanakan, akhirnya didapatlah para pemenangnya, berikut nama-nama pemenangnya;

Kategori barzanji marhaban Putra:

Juara Pertama dari Fakultas Tarbiyah dengan jumlah nilai 83,33 atas nama Rutomi, M. Fadli, dan Muhairi.

Juara Kedua dari Fakultas Tarbiyah dengan jumlah nilai 79 atas nama Iwadi, Al Indra, dan Rudiansyah.
Juara Ketiga dari Fakultas Syari’ah dengan jumlah nilai 77,6 atas nama M. Iyad, Razi dan Misbahul.

Kategori barzanji marhaban Putri:

Juara Pertama dari Fakultas Adab dengan jumlah nilai 81,6 atas nama Laila, Eka, Maria dan Jannah.

Juara Kedua dari Fakultas Ushuluddin dengan jumlah nilai 80 atas nama Soinah, Latifah, Misfitriani, Rosdatul Fahri dan Melihatun Juhro.

Juara Ketiga dari Fakultas Syari’ah dengan jumlah nilai 73,3 atas nama Anggi Salfita, Risfitriani dan Siti Ananda.

Para pemenang mendapat hadiah Tropi dan uang insentif.

Jannah yang berstudi di Fakultas Adab group pemenang putri mewakili rekan seusai penyerahan piala mengatakan mengaku senang, bangga dan tidak menyangka mendapat juara pertama pada lomba barzanji marhaban kategori putri, dia juga mengatakan dalam perlombaan ini tidak ada persiapan khusus, tanpa latihan, dan baru berkumpul dengan teman-teman pada hari perlombaan. “Setiap tahun mengikuti lomba yang diadakan IAIN dan lomba kali ini tidak ada persiapan yang khusus, tahun kemarin juara 2 dan Alhamdulillah tahun ini dapat juara 1.” katanya dengan rasa bangga.

“Barzanji marhaban tidak hanya saat lomba saja, tapi pada acara syukuran ataupun nikahan juga. Harapan kedepannya, semoga kegiatan keagamaan seperti ini bisa dilaksanakan seterusnya, dan apabila masih diberi kepercayaan, tahun depan saya dan kawan-kawan insya Allah akan ikut lagi” sebutnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Additional information