Rektor dan sivitas akademika UIN STS Jambi memperingati Hari Lahir Pancasila
Rektor beserta civitas akademika mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan
Pemasangan Kalung Guru Besar Prof. Dr. H. Su'aidi, MA., Ph.D.
Gedung Laboratorium Terpadu UIN STS Jambi
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Laboratorium Terpadu
Rektor Terima SK UIN STS

alt“Melalui Pelatihan Sistem Pengawasan Internal Kita Wujudkan Pengawasan yang Berkualitas, Guna Meningkatkan Kinerja dan Administrasi Keuangan Yang Bersih”
Dalam rangka meningkatkan kinerja dan tata kelola system keuangan yang berkualitas, maka pada hari senin 13/12/2010 IAIN STS Jambi mengadakan pelatihan Sistem Pengawasan Internal sebagai tindak lanjut dari diberlakukannya system pengelolaan keuangan di IAIN STS Jambi sebagai Badan Layanan Umum (BLU) beberapa bulan yang lalu.

altDalam kegiatan tersebut, dihadiri lansung oleh 3 pemateri handal yaitu H. Mukhayat, SH. MH yang saat ini menjabat sebagai inspektur wilayah II Itjen Kementerian Agama, dan Nugraha Stiawan Kasubbag TU Irwil IV Kementerian Agama serta Ade supriadi Auditor ahli pertama Urwil III Kementerian Agama Republik Indonesia.Dalam pelatihan ini, para peserta akan dibekali berbagai materi diantaranya audit kinerja dengan menggunakan metode Balanced Score Card (BSC) dan lain sebagainya. Berdasarkan UU. 15 tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara pasal 4 ayat 3 menyebutkan bahwa “Pemeriksaan kinerja adalah pemeriksaan atas pengelolaan keuangan Negara yang terdiri atas pemeriksaan aspek ekonomi dan efisiensi serta pemeriksaan aspek efektifitas”. Dan juga dalam PP. 60 tahun 2008 tentang system pengendalian intern pemerintah pasal 50 ayat 2 menyebutkan “Audit kinerja adalah audit atas pengelolaan keuangan negara dan pelaksaan tugas dan fungsi instansi pemerintah yang terdiri atas aspek kehematan, efisiensi dan efektifitas”.Didalam kajian audit yang berbasis kinarja, berarti Proses yang sistematis untuk menilai pencapaian kinerja suatu sektor public dan membandingkannya dengan criteria yang ditetapkan serta mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.Dalam sambutanya Rektor IAIN STS Jambi Prof. Dr. H. Mukhtar, M.Pd berangkat dari PP. 23 tahun 2005 yang mengungkapkan beberapa prinsip-prinsip pengawasan ini di antaranya: pertama adalah Upaya peningkatan mutu layanan kepada masyarakat. Mak itu diharapkan natinya para auditor internal terpilih untuk dapat mengaudit semua aktivitas kelembagaan kita, mengaudit dengan proposional, terjadwal terakomodir dan sesuai dengan tupoknya masing-masing. Kedua adalah Terciptanya fleksibelitas atau kemudahan-kemudahan dalam pengelolaan keuangan. Mempermudah urusan yang selama ini mungkin dianggap sulit, panjang dan berliku-liku namun tetap dalam koridor yang telah ditentukan. Ketiga adalah bertolak pada prinsip ekonomi produktif. Bagaimana mengatur tata ekonomi pelaksanaan, dan efektifitas suatu kegiatan serta saling mengkontribusikan dalam upaya percepatan system dan lain sebagainya.Kemudian harapan kami. Dari 16 orang peserta yang datang dari berbagai latar belakang pendidikan ini nantinya akan di ambil 3 orang sebagai Auditor internal IAIN STS Jambi dan bisa juga disiapkan kan lagi 2 atau 3 oarang lagi sebagai tenaga auditor cadangannya. Dan tentunya para peserta yang terpilih nanti sudah terukur,sesuai dengan standar-standar yang telah ditentukan. Harapannya para auditor yang terpilih dapat memahami tugas-tugas ini dan dapat menjalannya dengan sebaik mungkin, bias mengaudit kinerja dan tata kelola keuangan di internal IAIN STS Jambi.

By Humas

 

Additional information