Rektor dan sivitas akademika UIN STS Jambi memperingati Hari Lahir Pancasila
Rektor beserta civitas akademika mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan
Pemasangan Kalung Guru Besar Prof. Dr. H. Su'aidi, MA., Ph.D.
Gedung Laboratorium Terpadu UIN STS Jambi
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Laboratorium Terpadu
Rektor Terima SK UIN STS

altDalam rangka meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengalaman mahasiswa, jurusan Public Relation Fakultas Ushuluddin IAIN STS Jambi melaksanakan PKL di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi dimulai dari tanggal 18-27 Juni 2012. Mahasiswa PR berjumlah 11 orang yang terdiri dari: Abdurrahman, Adi Mulyadi, Fifih Hafidhahlia, Futri Haikal Mawaddah, Muhaidin, Mulyana, Rizki Putri Hasanah, Siti Nursifa, Susi yanti, Samsul dan Yunika Anugerah. Ada pun struktur organisasi mahasiswa PKL tersebut adalah sebagai berikut:


Ketua : Samsul
Wakil ketua : Muhaidin
Sekretaris : Fifih hafidhahlia
Bendahara : Mulyana
Anggota : Abdurrahman, Adi Mulyadi, Futri Haikal Mawaddah, Rizki Putri Hasanah, Siti Nursifa, Susi Yanti, Yunika Anugerah.

 

Mahasiswa Public Relation di antar langsung oleh ketua jurusan program studi public relation Nurbaiti, S.Ag, M.Fil.I yang sekaligus bertindak sebagai penanggung jawab pada kegiatan PKL mahasiswa PR tersebut. Mahasiswa datang pada tanggal 18 juni pada pukul 07.00 WIB diawali dengan mengikuti apel pagi, kemudian diikuti dengan pertemuan mahasiswa PKL dengan kasubag kehumasan serta karyawan pranata kehumasan lainnya di ruangan subbag hukmas yang di pimpin langsung oleh kasubbag hukmas Wahyudi Abdul Wahab, S.Ag, M.Fil.I.

Dalam PKL kali ini mahasiswa Public Relation merasa sangat beruntung karena mereka secara langsung dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat di bangku kuliah serta mereka mendapatkan ilmu tambahan dari kasubbag dan pranata humas di kawil tersebut yang tidak mereka dapatkan di bangku kuliah.

“Kami sering di ajak sharring, diskusi, tanya jawab tentang Public Relation serta berbagi pengalaman tentang bagaimana menjalankan tugas Public Relation selama ini dan tak jarang kami di ajak berkumpul sambil makan-makan, mereka sangat welcome sama kami dan mereka tidak pelit berbagi ilmu dengan kami.

Dan yang sangat istimewa adalah kemarin kami di percayakan untuk ikut serta dan dilibatkan dalam kegiatan Pembukaan Halaqoh Pimpinan Pondok Pesantren dan Pelantikan Majelis Silaturrahmi Kyai dan Pengasuh Pondok Pesantren Indonesia (MSKP3I) Se-provinsi Jambi Serta Launching Gerakan Mayarakat Maghrib Mengaji (Gemmar Mengaji) se-Provinsi Jambi yang dihadiri langsung oleh Menteri Agama RI Drs. H. Suyradharama Ali, Msi di hotel abadi Suite jambi. Dalam acara tersebut kami dipercayakan untuk membantu tugas humas dan praktek langsung bagaimana menjadi seorang praktisi humas dalam birokrasi pemerintahan, yang mana masing-masing dari kami mendapatkan tugas yang sesuai dengan karakter masing-masing diantaranya: mulayan dan muhaidin bertugas sebagai protokoler dan sekaligus dipercayakan untuk membuat konsep sketsa tata tempat dimana seharusnya para pejabat duduk, mulai dari membuat nama-nama pejabat, printout dan mempersiapkan peralatan-peralatan untuk acara tersebut.
Begitu juga dengan Fifih Hafidahlia dan Yunika Anugerah yang ditugaskan membawa baki, Samsul, Abdurrahman, Rizki Putri Hasanah dan Siti Nursifa ditugaskan menyambut tamu dan mengarahkan dimana tamu duduk, dan terakhir tugas Adi Mulyadi, Futri Haikal Mawaddah dan Susi Yanti yang bertugas sebagai tim peliput berita.” ucap mahasiswa PKL saat ditemui di ruangannya yang berada tepat di depan ruangan Subbag Hukmas dan KUB.

Selain dipercaya terlibat secara langsung dalam mengsukseskan acara pembukaan Halaqoh Pimpinan Pondok Pesantren dan Pelantikan Majelis Silaturrahmi Kyai dan Pengasuh Pondok Pesantren Indonesia (MSKP3I) Se-provinsi Jambi Serta Launching Gerakan Mayarakat Maghrib Mengaji (Gemmar Mengaji) se-Provinsi Jambi, mahasiswa juga diajarkan bagaimana menjalankan fungsi humas, mulai dari urusan surat menyurat, sekaligus bagaimana menghantar dan mengirim surat dan bagaimana menerima surat yang benar. Disini mahasiswa diajarkan langsung bagaimana meliput dan membuat berita, mengolah berita harian. Mahasiswa PKL diajarkan menjalankan tugasnya untuk membuat klipping kegiatan-kegiatan yang dilakukan kanwil tersebut dari surat kabar atau majalah dan didokumentasikan sesuai dengan hari, tanggal, bulan dan tahun yang sama.

Dari rangkaian kegiatan yang dilakukan dan dipraktekkan langsung oleh mahasiswa PKL yaitu bagaimana seorang Public Relation berbicara di depan umum seperti menjadi MC (Master of Ceremony) yang baik, bagaiamana memilih kata-kata yang tepat, intonasi yang sesuai dengan kata-katanya, gaya berbicara dan body languagenya yang benar.

Kasubag Hukmas

Kasubag hukmas Wahyudi Abdul Wahab memberikan keterangan dan komentar tentang bagaimana pendapat kasubag tentang acara kemarin dan kinerja mahasiswa PKL. “acara pembukaan Halaqoh Pimpinan Pondok Pesantren dan Pelantikan Majelis Silaturrahmi Kyai dan Pengasuh Pondok Pesantren Indonesia (MSKP3I) Se-provinsi Jambi Serta Launching Gerakan Mayarakat Maghrib Mengaji (Gemmar Mengaji) se-Provinsi Jambin yang dilaksanakan kemarin berjalan sukses, dan melebihi terget, undangan yangdisebarkan sebanyak 2.600 peserta tetapi tamu yang hadir lebih dari 3000 orang. Acaranya sesuai target, banyak tokoh-tokoh agama yang datang dan peristiwa itu langka dan penting bagi umat beragama di jambi.
Dari seluruh rangkaian kegiatan humas kantor wilayah kementerian agama provinsi Jambi, bahwa mahasiswa PKL Jurusan Pulic Relation merupakan mahasiswa yang mempunyai kemampuan dan merupakan mahasiswa yang siap pakai di masyarakat. Ilmu dan Teori yang mereka pelajari menjadi bekal bagi pelaksanaan PKL. Secara keseluruhan mahasiswa PKL sudah memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas Public Relation. Humas kementerian agama merasa terbantu apalagi terkait dengan kunjungan menteri agama RI, mudah-mudahan jurusan Public Relation ke depannya semakin diminati generasi muda. ” (Sumber: kemenag.go.id - Copyright by Humas)

Additional information