Rektor dan sivitas akademika UIN STS Jambi memperingati Hari Lahir Pancasila
Rektor beserta civitas akademika mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan
Pemasangan Kalung Guru Besar Prof. Dr. H. Su'aidi, MA., Ph.D.
Gedung Laboratorium Terpadu UIN STS Jambi
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Laboratorium Terpadu
Rektor Terima SK UIN STS

altPKTI merupakan singkatan dari Pelatihan Karya Tulis Ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (BEM-FT) pada hari Senin, 16 Januari 2012 di Aula Rektorat IAIN Mendalo. Tema yang diusung dalam kegiatan pelatihan ini adalah “Dengan mengadakan Karya Tulis Ilmiah, Agar dapat Menghasilkan Sarjana yang Berkualitas”.

 

altTujuan diadakan pelatihan ini adalah mahasiswa memiliki bekal dan pengetahuan mengenai karya tulis dan diharapkan nantinya bisa membuat sebuah karya tulis ilmiah, atau karyanya tersebut dapat ditampilkan dalam ajang-ajang/kompetisi penulisan karya tulis ilmiah.

Salah satu kesulitan paling mendasar dalam menulis sebuah karya tulis ilmiah ialah bagaimana menciptakan suatu ide. Bagi sebagian besar mahasiswa ternyata menciptakan ide tentang karya tulis ilmiah adalah masalah yang cukup sulit. Selain itu, menuangkan atau menuliskan sebuah ide menjadi sebuah tulisan ternyata juga merupakan hal yang tidak mudah.


Dalam PKTI ini mendapatkan materi-materi yang penting mengenai karya tulis ilmiah. Mulai dari cara menumbuhkan ide, proses dan sistematika penulisan karya tulis sampai bagaimana cara menyampaikan sebuah karya tulis melalui presentasi. Pemateri-pematerinya pun adalah orang-orang yang hebat dan ahli di bidangnya seperti Dr. H. Kaspul Anwar US. Ternyata selain menulis karya ilmiah, menyampaikan karya ilmiah adalah salah satu hal yang tidak kalah penting, sehingga dalam kegiatan ini diajari teknik-teknik presentasi agar nantinya apa yang telah ditulis bisa disampaikan dengan baik.

altDari kegiatan pelatihan ini, Zulfahmi Aziz Gubernur BEM Fakultas Tarbiyah dalam sambutannya mengharapkanPelatihan Karya Tulis Ilmiah kali ini terlaksana dengan baik, diterima dengan baik dan diharapkan mahasiswa bisa aktif dalam menulis karya tulis sehingga dengan PKTI ini dapat menghasilkan Sarjana yang Berkualitas.

Additional information