Rektor dan sivitas akademika UIN STS Jambi memperingati Hari Lahir Pancasila
Rektor beserta civitas akademika mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan
Pemasangan Kalung Guru Besar Prof. Dr. H. Su'aidi, MA., Ph.D.
Gedung Laboratorium Terpadu UIN STS Jambi
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Laboratorium Terpadu
Rektor Terima SK UIN STS

altKuliah Umum dan Silaturrahim Mahasiswa Baru (Silmaru) Civitas Akademika Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang bertema "Menjalin Silaturrahim Civitas Akademika" dilaksanakan selama sehari pada tanggal  12 September 2011 bertempat di Gedung Auditorium Prof. Dr. Chatib Quzwain Simp. Sungai Duren Muaro Jambi berjalan sukses. Yang menjadi panitia dalam acara Kuliah Umum dan Silaturrahim Mahasiswa Baru  Kali ini adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Turut hadir dalam acara ini adalah Dekan Fakultas Tarbiyah, Para Pembantu Dekan, Direktur Pascasarjana, Para Guru Besar, para Dosen, Ketua Jurusan & sekretaris, Gubernur BEM, serta mahasiswa mahasiswi Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

 

altAcara ini diawali pembacaan Ummul Qur'an selanjutnya laporan Ketua Panitia oleh saudara Khatib Ummami Khabibi. Khabibi mengatakan"kepada seluruh kawan-kawan mahasiswa baru hendaklah mengambil manfaat dan buang yang tidak bermanfaat, ambil hikmah Kuliah Umum ini, semoga menjadi mahasiswa yang cerdas berguna bagi nusa dan bangsa", tegasnya. Selanjutnya, acara ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Prof. Dr. H. Fauzi MO Bafadhal, MA., dalam sambutannya beliau mengharapkan kepada seluruh Mahasiswa baru agar serius dalam mengikuti Kuliah Umum dan SILMARU ini, karena kegiatan ini sangat bermanfaat. Beliau juga mengajak kepada seluruh Dosen betul-betul bersemangat dalam memberikan pengajaran kepada mahasiswa, apabila seorang Dosen tidak bersemangat dalam memberikan pengajaran kepada mahasiswanya, maka mahasiswa pun juga tidak bersemangat dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh Dosennya. Akibatnya, terciptalah mahasiswa yang loyo, tidak kreatif dan tidak kritis dalam menindaklanjuti setiap ilmu yang didapatnya. Maka dari itu, hendaklah seorang Dosen bersemangat dalam memberikan pengajarannya agar mahasiswa pun bersemangat dan dapat menangkap setiap materi yang diberikan oleh Dosennya. Dalam sambutannya beliau juga menginginkan Fakultas Tarbiyah menjadi Fakultas terbaik di IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi ini nantinya.


"Kunci keberhasilan adalah menghargai setiap komponen, baik atasan maupun bawahannya", tandasnya sebelum membuka acara secara resmi Kuliah Umum dan SILMARU kali ini.


Pemateri dalam Kuliah Umum ini adalah ibu Dr. Hj. Helmiati, M.Ag, beliau lulusan dari pesantren Wali Songo dan UIN Jakarta dan sekarang menjabat sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah UIN Sulthan Syarif Qasim (SUSQA) Riau.


Materi yang diberikannya adalah Belajar-mengajar di Perguruan Tinggi dalam Rangka Mewujudkan Kepribadian Kesarjanaan. Karena belajar di Perguruan Tinggi adalah sebuah pilihan strategis untuk mempersiapkan diri menyongsong masa depan yang lebih baik. Namun demikian, tidak semua orang beruntung memperoleh kesempatan dan peluang belajar di Perguruan Tinggi. Karena itu dapat belajar/ melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi adalah sebuah anugerah yang patut disyukuri. Karena hanya orang yang memenuhi syarat saja yang dapat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi, baik prasyarat yang bersifat akademik atau yang bersifat finansial. Ada orang yang mampu secara akademik, namun tidak punya kemampuan secara finansial. Atau bisa juga sebaliknya, memiliki kemampuan finansial yang baik, namun tidak memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, karena itu bersyukurlah bahwa anda semua telah diberi Rahmat, anugerah berupa kesempatan untuk kuliah demi menyongsong masa depan yang lebih baik.

Additional information