Rektor dan sivitas akademika UIN STS Jambi memperingati Hari Lahir Pancasila
Rektor beserta civitas akademika mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan
Pemasangan Kalung Guru Besar Prof. Dr. H. Su'aidi, MA., Ph.D.
Gedung Laboratorium Terpadu UIN STS Jambi
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Laboratorium Terpadu
Rektor Terima SK UIN STS

 

altSATPAM IAIN STS JAMBI IKUTI PELATIHAN PEMBINAAN PENATAAN
Sebanyak 22 orang Satuan Pengamanan (SATPAM) di lingkungan IAIN STS Jambi pada hari kamis 27/01/2011 ikuti pelatihan pembinaan dan penataan. Kegitan yang berlangsung selama satu hari tersebut dibuka langsung oleh Rektor IAIN STS Jambi Prof. Dr. H. Mukhtar, M.Pd dan dihadiri oleh pejabat di lingkungan IAIN STS Jambi, para pelatih dari jajaran TNI/Polri serta Resimen Mahasiswa.Dalam amanatnya Rektor mengatakan bahwa keberadaan security atau satpam dikampus sangatlah penting

untuk terciptanya kondisi kampus yang aman, tertib dan nyaman, Tanpa adanya satpam maka kita tidak akan merasakan aman dan kenyamanan tersebut.Ada lima hal yang harus dimiliki oleh satpam untuk dapat menjalankan tugas dengan baik yaitu:

 

  1. Bersikap cermat dan telitiDalam bertugas, satpam haruslah cermat dan teliti. Seperti mengisi absen piket, mendata tamu yang datang dan mengontrol situasi selama bertugas. Jangan sampai satpam tidak tahu ada tamu yang datang atau ada tamu yang nyelonong masuk wilayah kampus ini yang kita tidak tahu apakah ia bermaksud baik atau jelek. Kita maklumi kalau tamu tersebut bermaksud baik, tapi kalu niat nya jelek seperti merampok, mencuri dan lain sebagainya sempat terjadi itu adalah sebuah kebocoran keamanan yang berakibat sangat fatal. Jika sesuatu terjadi maka segera melaporkanya kepada atasan untuk bisa diambil tindakan selanjutnya.
  2. WaspadaWaspada itu sangat penting untuk menhindari kita dari kelalaian. Karena kelalaian itu akan membuka kesempatan orang lain untuk melakukan tindakan kejahatan. Ketika kesempatan terbuka untuk melakukan kejahatan, jangankan orang jahat orang baikpun akan berkesempatan melakukan tindakan yang tidak baik atau kejahatan itu. Maka dari itu cek semuanya, cek pintu pagar, cek keaktifan komunikasi radio, dan tertibkan identitas masuk dan keluar kampus.
  3. Tegas dan santunDalam bertugas, satpam harus bersikap tegas. Misalnya menertipkan parkir, ada motor atau mobil yang parkir tidak pada tempatnya, maka satpam harus berani ambil sikap tegas untuk meminta siapapun mereka yang melanggar parkir agar memindahkan kendaraannya ditempat yang telah ditentukan. Tetapi haruslah dengan bahasa yang santun jangan dengan emosi dan marah- marah. 
  4. KompakSesama anggota satpam adalah rekanan yang sama-sama punya tugas dan tanggungjawab untuk menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan dikampus IAIN STS Jambi ini. Maka dari itu kekompakan tim aharuslah dijaga dengan baik. Kalaupun ada masalah ya diselasaikan dengan baik secara internal satpam saja jangan sampai melebar kemana-mana padahal masalahnya Cuma sepele yang semestinya bisa diselesaikan secara baik.
  5. Menguasai beladiriSeorang petugas keamanan sudah barang tentu harus memilki pisik yang kuat, sehat jasmanai dan rohaninya. Bagaimana tidak, jika terjadi sesuatu hal keributan atau lainnya sudah pasti satpamlah yang akan menjadi ujung tombak untuk mengatasi terlebih dahulu masalah tersebut. Untuk berhadapan dengan masalah seperti ini maka satpam harus punya power yang kuat pula. Seperti merawat dan melatih tubuh untuk menjadi sehat dan kuat dengan berolahraga misalnya atau dengan berlatih beladiri.

Saya minta kepada komandan satpam kedepan untuk membuat program latihan beladiri untuk satpam. Karena kata pepatah didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat, didalam jiwa yang sehat terdapat hati yang bersih. Kemudian Rektor mengatakan bahwa dalam melaksanakan tugas satpam harus memahami betul dasar-dasar dan tugas yang akan dilaksanakan dan menjadi tanggungjawabnya. Diantaranya adalah:

  1. CerdasOrang yang cerdas ia bisa mengontrol dirinya, mengelola dirinya untuk menjadi lebih baik, memiliki rasa empaty yang tingi dan bisa berkomunikasi dengan baik. Baik terhadap sesama anggota, maupun terhadap komandan atau atasan.
  2. ProfesionalIalah orang cerdas, maksudnya adalah dia tau dan ahli dalam ilmunya serta terampil dalam menerapkannya. Contoh kecil saja dalam memberikan intruksi/aba-aba, itu haruslah dengan suara yang jelas, tegas dan patah-patah supaya orang tau apa yang harus dikerjakan, karena suara menunjukan semangat dan semangat itu akan menunjukan sikap. jangan sampai suaranya loyo dan tidak bersemangat. 
  3. BermoralTidak cukup dengan disiplin, tegas dan berani saja. Namun dalam bertugas dan kesehariannya haruslah memiliki moral atau ahklak yang baik pula. Karena kita ini adalah panutan jadi haruslah bersikap hormat baik sesama anggota apalagi terhadap atasan. Bersikap baik dan santun baik dalam ucapan maupun perbuatan, baik dikantor maupun dimasyarakat dimanapun kita berada.

Terakhir Rektor menyampaikan semoga dengan pelatihan ini dapat menambah wawasan bagi satpam IAIN STS Jambi agar tercipta suasana kerja satpam yang cerdas, profesional dan bermoral serta tanggungjawab. Dimohon juga nantinya bagi para pelatih untuk memberikan dan menambah materi latihannya mengenai tata upacara, tata disiplin, tata berbicara, penggunaan radio, penggunaan borgol dan pengunaan atau bongkar pasang senjata.Sementara itu Komandan Satpam IAIN STS Jambi Tugino mengatakan kegiatan pelatihan pembinaan dan penataan satpam ini diikuti oleh 22 orang dan akandilaksanakan selama satu hari. Dalam kegiatan nantinya peserta akan dibekali berbagai materi seperti materi pengetahuan Kenegaraan akan disampaikan oleh Danramil Jaluko Kapten. Risman.S dan materi pengetahuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang akan disampaikan oleh Kapolsek Jaluko AKP. Gaduk Kurniawan, SIK serta meteri Tugas Pokok dalam menciptakan suasana keamanan dan kenyamanan dikampus oleh Rektor dan materi lainnya baik diruangan maupun lapangan yang nanti akan dipandu langsung oleh pelatih tetap satpam IAIN STS Jambi yaitu Serka. Yusnardi personil dari Kodim Batanghari.Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada satpam IAIN STS Jambi tentang bagaimana sistem pengamanan yang sebnarnya baik selama ia bertugas di IAIN ini maupun nantinya ketika berada di masyarakat. Karena satpam IAIN ini berasal dari orang sipil biasa yang belum tahu banyak tentang sistem pengaman terpadu seperti ini. Maka dari itu harapan nya dengan pelatihan ini dapat menambah wawasan satpam IAIN agar kedepan dapat melaksanakan tugas dengan baik dan profesional. Selanjutnya dalam pelatihan ini nanti juga ada pelatihan pembinaan fisik dan mental yang bertujuan untuk membentuk sikap displin, tegas, dan tangungjawab sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai satuan pengamanan.

 

By Humas

Additional information